Senin, 31 Maret 2014

Posted by aku dan dunia informasi 14.56 | No comments
Suatu negeri dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa yang terdiri dari berbagai suku dalam 583 dialek dan bahasa berbeda yang mendiami lebih dari 17.000 pulau, yaitu tersebar dari Sabang hingga Merauke dan dari Timor hingga Talaud. Oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, negeri ini dikaruniai keindahan dan kekayaan alamnya yang tiada tanding dan tiada banding. Mulai dari jenis terumbu karang terlengkap di dunia (18%), hingga jumlah pulau terbanyak di dunia (17.504 pulau). Negara mana di dunia ini yang memiliki ke-luar baisa-an yang begitu luar biasa?

Jawabannya, apa lagi kalau bukan Indonesia.

Secara astronomis Indonesia terletak pada koordinat 6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BT - 141°45'BT dan secara geografis Indonesia terletak di dua benua dan dua samudra. Oleh karena itu Indonesia mendapat keuntungan besar karena dilalui oleh jalur perdagangan internasional (Seperti yang ditulis di buku SD dulu ツ)

Untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, berikut sejuta hal yang membuat Indonesia menjadi negara luar biasa.


1 Keragaman Penduduk


Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri dari berbagai suku bangsa, adat istiadat, bahasa, serta agama yang berbeda-beda. Keanekaragaman tersebut terdapat dari berbagai wilayah nusantara mulai dari Sabang hingga Merauke. Setiap suku bangsa memiliki ciri khasnya sendiri, mulai dari pakaian, masakan, arsitektur bangunan, dan lainnya. Walau sangat beragam, tapi tetap satu juga dan membentuk bangsa Indonesia. "Bhinneka Tunggal Ika"

2 Kuliner


Siapa yang tak mengakui lezatnya kuliner di Indonesia? Beragamnya masakan asli Indonesia dikarenakan suku bangsa yang sangat beragam. Seperti yang telah dijelaskan diatas, setiap suku bangsa memiliki masakan khasnya sendiri. Terlebih beberapa masakan asli Nusantara menjadi masakan terlezat di dunia. 10 masakan terlezat di dunia versi CNN yaitu:

1. Rendang, Indonesia
2. Nasi Goreng, Indonesia
3. Sushi, Jepang
4. Tim yam goong, Thailand
5. Pad thai, Thailand
6. Som tan (salad pepaya), Thailand
7. Dim sum, Hong Kong
8. Ramen, Jepang
9. Peking duck, China
10. Massaman curry, Thailand.

3 Indahnya Alam Indonesia

Satu hal lainnya yang tidak dimiliki banyak negara dan menjadi ke-luar biasa-an dari Indonesia adalah alamnya. Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga karena telah dianugrahi oleh Tuhan, negeri ini memiliki keindahan alam yang menjadikannya salah satu tempat favorit di dunia (atau bahkan yang terbaik?).

Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia menjadi tempat yang patut direkomendasikan untuk dikunjungi karena memiliki alam yang sungguh indah. Mulai dari pegunungan hingga laut dan pantainya. Selain indah, tanah di Indonesia juga sangat subur, sehingga ada lagu yang mengatakan kalau Indonesia memiliki tanah "surga", dimana tongkat dan kayu yang diletakkan diatas tanahnya saja bisa menjadi tanaman dan tumbuh.

Terlebih, Indonesia dikaruniai iklim yang sangat baik, hanya ada dua musim yaitu musim hujan dan kemarau. Bukan itu saja, Indonesia juga telah dikaruniai tempat-tempat wisata alam yang fantastis. jika ingin berjalan-jalan ke pulau manapun di Indonesia, Baik itu wisata pulau sumatera, Jawa, Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan sebagainya. Semuanya memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat mengagumkan.


Selain itu, terdapat juga banyak fakta lainnya tentang Indonesia. Beberapa diantaranya:
1.Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) . Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).


2. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.


3. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
* Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.


4. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak. Yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.


5. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).


6. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.


7.Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.


8.Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.



9.Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).


10. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.


11. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).


12. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.


13. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).


14. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.


15. Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.


16. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.


17. Binatang purba yang masih hidup: Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.


18. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.


19. Memiliki primata terkecil di dunia yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.


20. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.


21.Ikan terkecil di dunia. Ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk.


Nah, bagaimana, sungguh ke-luar biasa-an yang sungguh luar biasa bukan? Indonesia itu indah kawan.

Jika kamu warga negara Indonesia,
Cintai dan kenali negeri ini. Apa yang kurang dari kekayaan Indonesia? Semua sudah ada disini.

Kita hanya tinggal merawatnya saja. Terserah mau dirawat bagaimana. Entah itu membuat alam indonesia lebih hijau dengan menanam satu benih pohon untuk tiap orang, atau menebang satu pohon hingga akarnya untuk tiap orang. Yang jelas, cara bagaimana kita merawat, akan mempengaruhi bagaimana wajah indonesia di kemudian hari.

Terakhir, hanya dua kata yang pantas untuk Indonesia, Luar Biasa!

Terima kasih sudah berkunjung
semoga bermanfaat

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

9015 loyal readers
RSS feed | E-mail

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter